Dampak Buruk Menggunakan Cooling Pad

Tanpa kita sadari, apa yang kita gunakan pada perangkat laptop atau notebook kita tidak selamanya berdampak baik, misalnya saja adanya dampak buruk menggunakan cooling pad.

Cooling merupakan sebuah alat yang biasanya digunakan di bawah body laptop atau notebook. Terdiri dari beberapa kipas yang berfungsi sebagai sumber udara segar yang diarahkan pada body bawah laptop.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk menurunkan suhu laptop saat digunakan untuk bekerja.

Dampak Buruk Menggunakan Cooling Pad

Namun sadarkah kita bahwa ternyata terdapat dampak buruk menggunakan cooling pad, misalnya:

1. Laptop akan menjadi kotor

Anggaplah kipas membawa udara pada laptop, tentu yang dibawa juga beserta kotoran yang tercampur dalam udara tersebut. Jadi penggunaan cooling pad yang secara terus menerus memang dapat membahayakan komponen laptop.

2. Mengganggu sistem sirkulasi dalam laptop itu sendiri.

Ketika kita menggunakan cooling pad, udara yang ditiupkan ke laptop justru akan merusak sirkulasi panas yang dikeluarkan oleh laptop, sehingga panas yang tadinya hendak dikeluarkan justru kembali masuk ke dalam laptop lagi.

Untuk mencegah dampak buruk menggunakan cooling pad, kita dapat melakukan beberapa upaya agar saat bekerja laptop tidak terlalu panas. Apa saja upaya yang dapat ditempuh?

  1. Usahakan ketika menggunakan laptop agar tidak diletakkan di pangkuan atau tempat lunaklain seperti selimut, kasur, dll. Halini menyebabkan sirkulasi laptop terganggu dan membuatnya lebih cepat panas.
  2. Hindari penggunaan laptop di tempatyang panas, seperti misalnya di bawah terik matahari.
  3. Berikan waktu istirahat pada laptop, sebab apabila laptop terlalu lama digunakan bisa jadi laptop akan mengalami overheat, dan efeknya akan merusak berbagai komponen laptop.

Untuk menghindari dampak buruk menggunakan cooling pad, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan cooling pad. Kita tetap boleh menggunakan cooling pad, namun usahakan untuk menggunakan cooling yang sifatnya membuang udara, bukan meniupkan udara.

Penggunaannya pun sebaiknya dilakukan ketika laptop sudah digunakan lebih dari 4 jam. Bersihkan selalu cooling pad agar terhindar dari kotoran, sehingga tidak masuk ke dalam laptop kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *